Oleh: Trio Adi | Juni 3, 2010

Man Jadda Wajada

Buku motivator yang sangat menarik, ini komentar gw setelah baca tentang buku ini, dan benar-benar tidak bosan untuk baca buku ini berkali, benar-benar berkali-kali dibaca (yang menjadi bacaan wajib ketika not in the mood, something wrong, atau berbagai masalah yang kadang-kadang memang harus singgah). sebuah/seorang motivator pribadi gw untuk saat ini.

terinspirasi dari sebuah novel mas A. Fuadi penulis Negeri 5 Menara pinjaman “seorang spesial”, mantra ajaib MAN JADDA WAJADA benar-benar mengusik hati karena memang terdengar menarik ketika seorang anak kampung yang sesungguhnya kesasar mondok di pesantren dijawa timur, akhirnya bisa keliling belahan benua, dan itu karena bersungguh-sungguhnya.

ada apa dengan BERSUNGGUH-SUNGGUH?? karena tidak bersungguh-sungguh kah gw gak jadi dokter? karena tidak bersungguh-sungguh kah gw tidak menjadi akademisi? tidak bersungguh-sungguh kah gw ketika tidak menjadi sebagai salah satu orang hebat di kota jogja? dan atau tidak bersungguh-sungguh kah gw ketika ditolak gadis yang aku yakin gw sayanginya (kalo yang ini sesuai dengan konsep yang kita bicarain bukan ya,am not sure atau hanya not really crusial)? benar-benar pertanyaan yang seperti menyalahi Tuhan, dan itu sama sekali tidak layak…entah diposting apa sebelumnya gw pernah menulis bahwa semua sudah tertulis di lauhul mahfud (kitab kehidupan) dan gw juga pernah menulis bahwa Tuhan memberikan apa yang terbaik untuk kita. dan saya kira itu sudah cukup menjawab pertanyaan tidak layak itu…

ok ok cukup dengan menyesali nasib, kembali tentang buku ini, tapi memang setelah membaca buku ini semua serasa plong, serasa lapang sekali dada ini, tanpa beban apapun. beberapa hal yang benar-benar mengena untuk diri gw pribadi adalah :

  1. Positiv thingking, apapun itu apapun yang terjadi mencobalah untuk berpikir dari sisi baiknya, mencobalah untuk mengalirkan saja energi positif, mencoba untuk tidak gusar apapu keadaannya, dan hasilnya adalah tak ada beban benar-benar ringan tanpa tekanan walupun sebenarnya kita dalam kondisi underpressur, tapi hanya dengan berpikir positif semua akan terasa ringan.
  2. ambil hikmah atas segala sesuatu, segala sesuatu pasti ada hikmahnya, sekalipun itu terjadi bertahun-tahun kemudian, tapi yang pasti ada sesuatu yang sangat rahasia sangat hebat dan sangat menguntungkan atas sesuatu yang terjadi akan diri kita. misalkan sesuatu yang kita inginkan gak tercapai, tapi ada sesuatu yang kita dapet yang menurut kebanyakan orang hal itu hebat, dan pasti kedepannya pu akan menarik.
  3. bersyukur itu nikmat, yes yes yes big yes I agree….karna gw ngerasain benar ini, benar-benar terasa ketika melihat pertigaan RS ada orang yang kehilangan kakinya, satunya lagi kehilangan tanganya, di fitrinof sekitar jam 8 malaman pasti berkumpul para tuna netra menunggu jemputan, mereka kehilangan warna dunia (gw pernah ngerasain sensasi itu untuk beberapa detik gara-gara seekor tawon…dan rasanya bener2 takut, sedih, dan gak harus apa, cuman dengan hitungan puluhan detik). dan kita…kita diberi dengan tubuh yang lengkap dan sempurna, lalu apa lagi yang  nikmat Tuhan yang kita dustakan “fabiayyi alai rabbikuma tukadziban”, begitulah kira-kira…dan yang paling kecil sekalipun nikmatnya sungguh hebat ketika bersyukur.
  4. man jadda wa jadda, kerja keras, sabar, konsisten, disiplin, ini satu paket mutlak dilakukan. berat banget memang, tapi itu lah esensi dari buku ini, barang siapa yang bersungguh-sungguh ia akan sukses. berat…berat banget memang, tapi bisa, benar-benar bisa. mimpi gw yang di underestimating oleh seseorang, yang katanya gak real, yang katanya cuman sekedar mimpi, akan jadi cambuk buat gw untuk bersungguh-sungguh itu. dan gw BERJANJI untuk bersungguh-sungguh itu.

semua bagian dan sub bagian dari buku ini absolutly menarik, sangat menarik, dan benar-benar menjadi motivator sepanjang masa. Happy reading…

Tinggalkan Balasan

Kategori

