Oleh: Trio Adi | November 2, 2010

A Pocket Guide to Epidemiology [REVIEW]

a pocket guide to epidemiology – buku saku tapi terlihat seperti kitab suci (setidaknya diundip aja) bagi para epidemiologist saya kira, sedikit review untuk buku ini. pertama kali mengenal buku ini dari drg. Henry untuk mata kuliah Survey epid…

namanya juga pocket (buku saku) buku ini merupakan ringkasan untuk keilmuan epidemiology, bisa dibilang lengkap tapi tidak lengap (maksudnya apa nih, gak ngerti juga gw..) , yah setidaknya buku ini cukup representatif untuk mempelajari epidemiology dalam satu buku dan waktu yang singkat. walaupun namanya pocket (buku saku), tapi buku ini gak terlihat sebagai ringkasan karena berisi 281 halaman…ya ya ini bukan pocket tapi judulnya aja yang pocket. setidaknya dari judul maksudnya ringkasan dan jumlah halaman yang bisa dikatakan sebagi diktat, maka bisa sedikit menunjukkan bahwa betapa luasnya Epidemiology itu, ringkasannya saja setebal ini, bagaimana kalau epidemioly dijabarkan dengan lengkap.

hampir lupa dibagian paling penting dari sebuah buku, author/penulisnya…ditulis oleh tiga epidemiolog di negeri paman sam, tepatnya lecturer di Emory Universty untuk David G. Kleinbaum, Kevin M. Sullivan, dan Nancy D. Barker (Apharetta, GA), buku a pocket guide to epidemiology ini dikemas dengan amat ringkas dan mudah dimengerti, dilengkapi dengan note-note summary yang cukup eye catching, dan juga banyak excercise didalamnya.

kembali ke catatan singkat untuk buku ini. buku ini berisi 15 Bab yang masing-masing membahas hal penting dalam epidemiologi. kalo direview semua tulisan ini bisa jadi buku beneran kali ya…tapi yang pasti didalamnya sudah ada pembahasan soal desain study, frequency, measure of effect, validity dan bias (dan 2 bab selanjutnya membahas bias yang lebih spesifik yakni bias informasi dan seleksi), counfounding, tabel 2×2, control, analysis, dan yang terakhir sedikit membahas tentang controlling dengan matching.

pada bab 1 dalam buku ini cukup singkat dan gamblang, mungkin hanya dengan membaca bab ini saja yang hanya separo lembar kita bisa mengerti secara umum tentang eidemiology. hanya dengan sedikit kalimat narasi “Epidemiology is the study of health and illness in human popoulations” selanjutnya diberi bebarapa contoh untuk konsep itu. yang paling menarik di bab ini menyimpulkan dari apa yang sedikit dicontohkan, kesimpulan inilah nantinya yang akan menjadi bab-bab banyak selanjutnya. kesimpulanya adalah bahwa dalam epidemiology pokoknya hanya tiga yaitu :

  1. memilih study desain,
  2. hati-hati untuk mengindari bias,
  3. menggunkan metode analisis statistik yang tepat

hanya tiga pokok inlah yang jabarannya akan sampai 277 halaman dan 14 bab berikutnya.

oya, gw lagi coba2 translit buku ini, tapi belum selesai masih jauh, tapi coming soon deh…sebagai pancingan buat ge ngerjaiinya, gw publis bab 1 nya dulu aja deh, hehehe….

well, happy reading…

A Pocket Guide to Epidemiology :

BAB 1  Buku saku – sebuah introduksi  Download

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: