Oleh: Trio Adi | Juli 4, 2011

Nilai Kehidupan

Dear Buddy,

Hari senin yang mendung, tapi bukan halangan untuk membuat hidup kita lebih bernilai dari sebelum-sebelumnya.

kalu ada yang sukan nonton tv, ada yang menarik di station televisi TRANSTV minggu malam jam 18.30,  judul acaranya NILAI KEHIDUPAN. menurut aku acara ini luar biasa karena membawakan drama kehidupan yang sering kita alami sehari-hari. dikemas dalam sebuah drama ringan tentang kehidupan yang mendatangkan inspirasi yang lebih baik buat kita. hal yang menarik dalam acara ini adalah kisah-kisahnya yang mendalam yang diakhiri dengan sebuah quotation terhadap kisah tersebut.

Dalam pengembangannya, karakter, latar belakang, perubahan sikap dan kebiasaan, serta cara mati para tokoh disini pun akan disajikan secara berbeda-beda. Ada yang berakhir dengan indah, ada juga yang berakhir dengan tragis. Yang pasti semuanya unik dan dikemas secara dramatisasi, sesuai dengan kebutuhan cerita dan program.

misalkan saja, ada kisah seorang anak yang membantu ibunya namun pada malam harinya dia memberikan secarik kertas list yang dikerjakan pada hari itu berikut dengan tarifnya, lalu pada pagi harinya diatas meja kamar anak tersebut sudah ada list dari sang ibu yang berisikan daftar yang ibu berikan padanya mulai dari melahirkan gratis, merawat gratis, air susu yang diberikan gratis, biaya pendidikan gratis. menyentuh sekali kisah ini… ini mengajarkan kepada kita bahwa kasih ibu sepanjang masa tak pernah meminta pamrih.

atau cerita tentang rambut. seorang anak gadis yang memiliki rambut panjang yang indah rela memotong rambutnya sampai botak demi temannya yang sering diejek teman-teman lainya karena botak akibat dari kemoterapi leukimia yang dideritanya. anak gadis berambut panjang tersebut rela menemani botak temannya. yang dipelajari dalam kisah itu adalah bahwa persahabatan sejati itu merelakan diri kita dalam keadaan suka maupun duka.

minggu-minggu mendatang pasti akan ada kisah-kisah menyentuh lainnya yang akan memberikan kita inspirasi untuk hidup lebih baik dan bermakna. jangan lewatkan…

Catatan aku tentang Nilai Kehidupan :

Bahwa hidup itu tentu saja punya nilai layaknya dulu kita sekolah, nilai itu bisa baik atau buruk tergantung bagaimana usaha kita untuk nilai tersebut. seperti yang aku sering bilang bahwa sebenarnya HIDUP ITU SEDERHANA, hidup itu pilihan, hanya iya atau tidak, bagaimana kita menjalankannya, dan menjalankan semua itu hanya dengan Syukur dan Sabar, dengan hanya dua hal itu maka semuanya akan sangat sederhana, hidup akan tenang dan menyenangkan.

dengan syukur, rejeki sebutir permen akan sangat nikmat, sering-seringlah melihat kebawah untuk mempelajari cara bersyukur ini. dapat dipastikan kita yang membaca tulisan ini jauh sangat beruntung dibandingkan mereka yang harus menarik gerobak mengumpulkan satu dua botol bekas, mereka yang harus duduk meminta-minta di lorong-lorong pasar, mereka yang harus rela mengabaikan nyawa untuk sepiring nasi. teman…kita jauh lebih beruntung, maka bersyukurlah… tidak ada alasan sedikitpun buat kita untuk tidak selalu bersyukur, sehingga Allah SWT berfirman dalam kalimat introgatif dengan berulang-ulang dalam surat Arrahman, “maka nikmat mana lagi yang kau dustakan?”

tentang bersabar,  Allah berhak menjawab Doa manusia dengan caranya, baik langsung diberikan sekita apa yang kita minta, atau menunda apa yang kita minta untuk beberapa waktu, atau menjawab dengan hal lain yang lebih baik, tapi yang pasti adalah Allah memberikan kita yang terbaik buat kita. tapi yang paling penting adalah janganlah kita menjadi unknown people bagi Allah, seringlah berbicara dengan Allah dalam Sholat, seringlah berhubungan dengan Allah dalam Tahajjud, seringlah meminta pada Allah dalam Doa dan sodaqoh maka Allah akan mengenal kita sehingga apa yang kita minta akan segera diberi tanpa salah alamat. maka bersabarlah, bersabarlah untuk mendapat bagian dari Allah, karena Allah pasti memberi apa yang kita minta sesuai dengan kehendaknya. Sabar itu bagian dari iman.

maka berusahalah membuat nilai yang baik buat hidup kita sendiri, untuk kebahagian dunia dan Akhirat. “Robbana Atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘azabannar”. QED

 

Iklan

Responses

  1. hidup dan tujuan hidup sangatlah sederhana kawand 🙂

    • Hidup memang sederhana


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: